MENGENAL MICROMEDIA FLASH

Hi Sobat T-Flash, Sebelum mulai belajar untuk membuat sebuah animasi, kita wajib mengetahui fungsi dari tools yang akan kita gunakan dalam pembuatan animasi.

Secara keseluruhan tools yang digunakan pada flash tidak jauh berbeda pada setiap versinya, bagi kalian yang ingin membuat sebuah PresentasiMedia Pembelajaran ataupun Game Edukasi sederhana maka Macromedia Flash 8 adalah yang paling mudah untuk dipelajari dan menggunakan ActionScript 2. Namun, jika kalian ingin serius dalam mempelajari flash dan ingin membuat sebuah Game atau Aplikasi yang akan di jalankan di Android maka saya sarankan kalian mempelajari ActionScript 3, minimal menggunakan Adobe Flash CS6.

-- FUNGSI TOOLS PADA MACROMEDIA FLASH 8 -- 

Selection Tool : Memilih dan memindahkan objek.
SubSelection Tool : Mengubah bentuk objek dengan edit points.

Free Transform Tool : Mengubah (ukuran) atau memutar (arah) objek sesuai keinginan.
Gradient Transform Tool : Mengubah warna gradasi dari objek.

Line Tool : Membuat objek garis lurus.
Lasso Tool : Menyeleksi bagian objek yang akan diedit.
 Pen Tool : Membuat objek melalui titik-titik sebagai penghubung.
Teks Tool : Membuat teks (Huruf, Kata, Kalimat).
Oval Tool : Membuat objek elips atau lingkaran.
Rectangle Tool : Membuat objek segi empat atau segi banyak .
Pencil Tool : Membuat objek secara bebas berupa garis.
Brush Tool : Membuat objek bebas dengan bentuk dan ukuran yang telah disediakan.
Ink Bottle Tool : Memberi warna garis tepi.
Paint Bucket Tool : Memberi warna pada objek.
Eyedropper Tool : Mengambil contoh warna
Eraser Tool : Menghapus objek.
 Hand Tool : Memindahkan stage.
Zoom Tool : Memperbesar atau memperkecil tampilan objek.
Stroke Tool :  Memberi warna pada garis tepi.
Fill Tool : Memberi warna pada objek.
Black n White : Memberi warna hitam (Garis tepi) dan putih pada objek.
No Color : Menghapus warna pada objek.
Swap Color : Menukar warna pada Stroke Tool dan Fill Tool.


Demikianlah fungsi-fungsi pada tools Macromedia Flash 8. Usahakan kalian untuk mengingat tombol cepat pada masing-masing tool sehingga mempercepat dalam pembuatan sebuah animasi. Sampai jumpa di artikel berikutnya.







Pengenalan Lembar Kerja Dan Tools Adobe Flash Cs 3


Pengenalan Lembar Kerja Dan Tools Adobe Flash Cs 3




                   Hay Minna-San (korban naruto) , Pada kali ini admin ingin ngepost tentang pengenalan Lembar kerja dan Tools yang ada di Adobe Flash Cs 3, tapi sebelum itu ada baiknya kita mengetahui dulu apa itu Program Adobe Flash....
                Adobe Flash CS 3 Adalah standar Aplikasi untuk membuat animasi 2 dimensi,  yang dibuat oleh Perusahaan Adobe.
Lembar kerja Adobe Flash Cs 3 :

Menu Bar
yang  berisi adalah perintah - perintah yang digunakan dalam adobe flash cs3.

Tool Bar
sebuah panel yang berisi  berbagai alat/tools yang berguna untuk memudahkan kita dalam proses pembuaatan animasi.


  Timeline
 Adalah panel yang berisi layer dan frame berguna sebagai lembar kerja untuk membuat objek, selain itu fungsinya untuk mengontrol animasi yang dijalankan. setiap layer memiliki banyak frame sehingga pengaturan kecepatan gerak animasi berada pada banyaknya frame yang dibuat. semakin banyak frame maka akan semakin lama durasi animasi yang dibuat.

Stage
stage adalah tempat yang berguna untuk memainkan object yang diberi animasi, dalam stage ini kita bisa membuat gambar, teks, dan, video.
Panel
panel yang sangat penting yang harus anda ketahui dalam adobe flash cs3 diantaranya :
Panel Properties, Filter & Parameter, Actions, Library, Color dan Align & Info & Transform.
Properties
Panel Properties akan berubah tampilan dan fungsinya mengikuti bagian mana yang sedang diaktifkan. Misalnya jika kalian sedang mengaktifkan Line tool, maka yang muncul pada jendela properties adalah fungsi-fungsi untuk mengatur line/garis seperti besarnya garis, bentuk garis, dan warna garis.





Document Properties
 Document Properties berfungsi untuk melakukan pengaturan ukuran layar, warna background, framerate, dan dimensi dari animasi yang akan dibuat. Untuk memanggil kotak dialog document properties, kalian bisa pilih jendela Properties di bawah layar, kemudian pilih tombol Size.
 


  Mengenal Timeline dan Frame
Timeline terdiri atas LayerFrame dan Playhead. Fungsinya adalah sebagai tempat pengaturan timing atau waktu animasi dan penggabungan objek-objek dari masing-masing layer lihat gambar berikut !
 

1.     Frame adalah kotak-kotak berurutan dalam timeline, di frame inilah nantinya akan menentukan animasi apa yang akan dibuat atau dari frame awal sampai ke frame yang diinginkan untuk membentuk suatu pergerakan animasi.
2.     Keyframe ditkitai dengan titik hitam pada frame, ini berarti bahwa ada objek pada frame tersebut.
3.     Blank Keyframe ditkitai dengan frame yang putih atau kosong. Ini berarti bahwa tidak ada objek.
4.     Action Frame ditkitai dengan huruf  ‘a’ di atas titik hitam, ini berarti bahwa ada action script padxa frame tersebut.
5.     Sound Frame ditkitai dengan gelombang suara pada frame, ini berarti bahwa ada suara yang dimasukan pada frame tersebut.
6.     Motion tween frame ditkitai dengan warna unggu dengan panah diantara dua frame.
7.     Shape tween frame ditkitai dengan warna hijau dengan panah diantara dua frame.
8.     Playhead ditkitai dengan warna merah yang terletak di atas frame, ini berfungsi untuk menjalankan animasi yang bisa langsung dilihat pada stage.

Komentar

Postingan Populer